Selasa, 18 Maret 2014

ETIKA PROFESI Pertemuan 3

4 pilar ketrampilan hidup

PERSONAL
ada 3 proses
SOS : Sense Of Self (tahu diri)
merupakan tahapan pertama yang harus dimiliki oleh manusia, kebanyakan sense of self ini tidak diketahui seseorang melainkan "sok tahu"

Pilar pertama yaitu Personal Power (kewibawaan / kharisma)
Tidak semua orang yang memiliki Personal power tersebut, ada memang tetapi mungkin hanya beberapa orang saja. Maksud dari Personal power itu memiliki kewibawaan dan kharisma yang besar, orang yang memiliki hal tersebut  adalah anugrah dari Tuhan yang tidak bisa dimanipulasi oleh siapapun. Orang tersebut terlebih dahulu sudah mempelajari yang namanya tahu diri, orang yang tahu diri akan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Jadi pada intinya Personal Power akan bisa diterapkan jika kita memiliki sikap "tahu diri" tersebut.

System Thinking Skill
yaitu keterampilan / kemampuan berpikir sistem, contoh dalam sebuah negara yang maju harus memiliki pendiri sistem ynag baik, baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas nya.

Strategi Thinking Skill
yaitu Strategi kemampuan berpikir, contoh kalau sistem sudah berjalan dengan bagus maka strategi dalam berpikir juga akan bagus. bagaimana caranya? dengan menguasai sistem terlebih dahulu kemudian menjalankan strategi yang digunakan agar kemampuan kita menjadi lebih baik.
Apabila pilar 1-3 (internal) sudah berjalan maka anda akan menjadi orang yang hebat.

Relations Planning Skill
yaitu kemampuan perencanaan hubungan contoh dengan membuat sistem pembelajaran misalnya, kita ingin menentukan jadwal kita masing-masing maka kita akan bisa memanage waktu yang kita gunakan agar tidak sia-sia.

Contoh nyata yang bisa kita contoh / kita tiru adalah
  • Memiliki kepribadian yang baik
  • Etika minimal terhadap diri kita sendiri bagaimana caranya? yaitu dengan menghargai diri kita sendiri baru bisa menghargai orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

FollowMe