Kamis, 06 Maret 2014

Pentingnya etika bagi diri saya



Etika menurut bahasa Yunani adalah ethikos / bisa disebut kebiasaan yaitu sesuatu dimana dan bagaimana mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti baik, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.
Suatu profesi itu perlu adanya etika karena suatu profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah dan yang mengandalkan suatu keahlian. Dimana keahlian yang dikerjakan dan dihasilkan itu harus berpedoman dengan sebuah etika. Dimana etika adalah aturan perilaku adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang buruk. Dilihat dari kedua pengertian tersebut saya mengambil kesimpulan setiap profesi yang dikerjakan itu harus memenuhi sebuah etika agar semua pekerjaan yang dihasilkan akan sesuai dengan tujuan baik yang ingin dicapai dengan cara pencapaaian yang baik dan hasil pekerjaan  nya pun kemudian akan baik juga. Berkaitan dengan bidang pekerjaan yang telah dilakukan seseorang sangatlah perlu untuk menjaga profesi dikalangan masyarakat atau terhadap konsumen (klien atau objek). Dengan kata lain orientasi utama profesi adalah untukk kepentingan masyarakat dengan menggunakan keahlian yang dimiliki. Akan tetapi tanpa disertai suatu kesadaran diri yang tinggi, profesi dapat dengan mudahnya disalahgunakan oleh sesorang apabila tdak disadari dengan sebuah etika. Maka etika berperan dalam suatu profesi.
Ada beberapa macam etika yang perlu kita ketahui untuk menentukan baik buruknya periku seseorang:
1.      Etika Deskriptif
Etika ini merupakan sikap dan perilaku yang dilakukan seseorang terhadap apa yang dikejar  yaitu berupa ambisi yang ingin dicapai dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika deskriptif ini berisi tentang fakta /kejadian yang sebenarnya sebagai dasar untuk membuat keputusan terhadap sikap yang akan diambil.
2.      Etika Normatif
Etika ini berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku yang seharusnya dimiliki oleh seseorang dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika ini memberikan penlaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.
Manfaat dari etika adalah
1.      Dapat membantu suatu pendirian seseorang dalam beragam pandangan dan moral
2.      Dapat membantu membedakan mana yang tidak boleh dirubah dan mana yang boleh dirubah
3.      Dapat membantu seseorang dalam menentukan pendapat / argumen
Menurut saya etika yang baik itu adalah etika yang menunjukkan sikap pribadi sesorang ketika mereka berada, maksudnya kita bisa menempatkan diri kita pada situasi yang terjadi.
Saya mengambil contoh etika pada saat berada dalam kampus adalah
  • Mahasiswa harus berpakaian dan bersepatu rapi di lingkungan kampus
  • Menjunjung tinggi nilai nilai ilmiah
  • Bertutur kata yang sopan, baik dan benar dengan guru atau dosen.
  • Saling menghormati dan menghargai sesama mahasiswa
  • Kita hendaknya menyapa dosen atau guru dengan sapaan pak atau bu meskipun dosen atau guru tersebut umurnya tidak jauh berbeda dengan kita.
  • Bersedia menerima sanksi yang ditetapkan oleh kampus apabila melanggar peraturan yang berlaku
  • Sanksi ini diberikan apabila mahasiswa tersebut melanggar peraturan yang dibuat, pertama berupa peringatan atau teguran dari dosen atau wali kelas masing- masing. Apabila sudah tidak bisa diperingatkan maka pihak kampus berhak untuk memanggil orang tua mereka. Sanksi tersebut diberikan agar mahasiwa bisa berfikir bagaimana beretika yang baik bila saat berada dalam kampus maupun di luar kampus.
Dan masih banyak lagi etika-etika yang harus kita lakukan ketika di dalam kampus. Kita harus ingat bahwa dimanapun, kapanpun kita harus ber etika. Karena etika adalah salah satu cermin kepribadian kita yang dilihat orang lain.

sumber:
http://muaramasad.blogspot.com/2013/03/pengertian-etika-profesi-dan.html 
http://giriayoga.com/2012/04/20/etika-mahasiswa-di-dalam-kelas-didalam-kampus-dan-diluar-kampus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

FollowMe